7 Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak Untuk Pemula

Post On: March 3, 2016
By: Tantri Yuliana
In: Tips

Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak Untuk Pemula Dengan 7 Tips Efektif Jitu

Hi guys, kali ini kami ingin berbagi info buat kalian yang merasa kesusahan, bosan bahkan tidak tertarik untuk belajar bahasa Inggris. Di era globalisasi, bukan menjadi hal yang baru lagi bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat baik untuk belajar, apakah itu untuk bisnis, perjalanan atau alasan pribadi. Sama halnya dengan belajar bahasa apapun, semua itu membutuhkan kerja keras, komitmen dan kemauan.

Pagi ini admin melakukan perbincangan singkat dengan salah seorang orang tua siswa yang sedang menghantarkan anak nya sekolah di tempat saya bekerja. Sebut saja ibu Mirna, ibu tersebut mengeluhkan kepada saya akan turun nya prestasi akademik anak nya dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Kemudian saya mengajukan pertanyaan “Apa yang menjadi motivasi ibu sehingga anak nya harus bisa menguasai bahasa Inggris ?”. Ibu Mirna mengatakan bahwa belajar lah karena Iman , jadi belajar bahasa Inggris memiliki tujuan untuk bisa menaklukan masa depan yang dia cita-citakan, selain itu bahasa Inggris di perlukan untuk wawasan ilmu jika esok ingin bepergian ke luar negri tak perlu lagi pemandu wisata/guide lagi jika kita sudah fasih berkomunikasi bahasa Inggris.

Learn English card with colorful background

Yang menjadi pertanyaan, apakah cukup hanya mengandalkan materi yang di ajarkan oleh guru di sekolah ? atau di tambah dengan mengikuti bimbingan belajar di lembaga kursus bahasa Inggris? Jika ada Solusi yang mudah , masihkah memilih jalan yang susah ! Mari kita simak uraian nya di bawah ini :


7 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah Dan Efektif Secara Otodidak

1. Expand your vocabulary (Kembangkan kosa kata kamu )

Sebagai pemula dalam belajar bahasa Inggris, perbendaharaan kosa kata memegang peranan penting guna menujang dalam memahami segala sesuatu bentuk benda dan keadaan di sekitar . Metode yang sering di gunakan saat ini adalah siswa di tuntut untuk menulis 200-300 kosa kata dalam bahasa Inggris. Ada alternative lainnya untuk mempermudahkan siswa dalam menghafal kosa kata dalam bahasa Inggris, misalkan : Guru memberikan label nama dalam bahasa Inggris pada setiap benda yang berada di ruangan kelas, atau siswa memberikan label nama pada item yang berada di lingkungan rumah nya. “Ketika seorang siswa menulis di stick note kata cupboard kemudian di tempel di lemari, sehingga saat siswa tersebut membuka lemari selalu teringat bahwa lemari bahasa Inggrisnya adalah cupboard, begitupun dengan benda lainnya”.

Kamu juga bisa mengembangkan vocabulary mu dengan menggunakan permainan yang menyenangkan, misalkan bermain game scrabble. Scrabble biasanya di mainkan oleh lebih dari satu orang. Dalam permainan ini kamu bisa menambah kosakata baik itu dari kata yang kamu temukan, atau dari teman sepermainan kamu. Game ini memudahkan kita belajar sambil bersenang-senang.


2. Speak a Little English Every day (Berbicara bahasa Inggris meskipun sedikit tapi rutin setiap hari )

Cara yang cukup efektif untuk mempelajari suatu hal yang baru “bahasa Inggris” dengan praktek berbicara . Jika kamu memiliki lima kosakata baru dalam bahasa Inggris segera praktek kan dengan guru, teman, atau keluarga kamu di rumah. Cara ini lebih efektif dalam perkembangan kemampuan berbahasa. Adakala nya kita menemukan lawan bicara yang menganggap penggunaan bahasa Inggris kita seolah-olah karena banyak tingkah, sok pintar, atau cari perhatian. Jika perlakuan mereka membuat kamu under pressure (menyerah) maka sesungguhnya kamu termasuk orang yang merugi. Kenapa bisa begitu ? “ Orang lain bisa memberi perlakuan seperti itu karena mereka tidak mempunyai keberanian untuk sukses, jika kita mempunyai rasa percaya diri maka keluarlah dari zona nyaman tersebut, carilah orang-orang yang bisa kamu ajak berbicara bahasa Inggris setidaknya sehari dalam waktu 30 menit. Maka kesuksesan mu untuk belajar bahasa Inggris akan terasa semakin cepat perkembangannya.

Pengalaman unik yang saya dapatkan ketika suatu hari berhalangan untuk mengajar di sekolah, ada seorang siswa laki-laki menanyakan kemana gerangan saya tidak hadir hari itu. Dia merasa kehilangan karena setiap hari anak itu selalu menanyakan makna kata dalam bahasa Inggris, misalkan “miss, kalau anak masih ingusan itu bahasa Inggris nya apa ya miss ? saya menjawab pertanyaan tersebut kemudian mengajak nya berkomunikasi misalkan “how are you today ? have you breakfast ? dan pertanyaan lainnya. Seorang anak harus di muliakan dalam hal bakat dan kemampuan nya, dengan cara mengajak dia berinteraksi dalam bahasa Inggris itu akan membuat dia merasa lebih termotivasi untuk terus berkembang.


3. Carry a Dictionary ( Membawa Kamus bahasa Inggris )

Selalu membawa kamus bukan bearti dia kutu buku, atau mencirikan seorang mahasiswa jurusan bahasa Inggris. Membawa kamus dalam bentuk buku atau aplikasi di ponsel akan memudahkan kamu ketika secara tiba-tiba membutuhkan kata untuk berkomunikasi. Sebagai pemula biasanya kita masih menerjemahkan kalimat menggunakan lexical meaning (makna sesuai dengan kamus ) ini berguna untuk mengingat kosa kata baru sekiranya 20-30 kata dalam sehari.


4. Listening to the music (Mendengarkan musik )

Musik merupakan salah satu hobi dari setiap orang. Musik juga dapat membantu kita dalam belajar bahasa Inggris, dengan cara terbiasa mendengarkan musik lagu-lagu bahasa Inggris. Dalam kreasi metode pembelajaran menggunakan music, kita bisa membuat lirik lagu bahasa Inggris tersebut dalam bentuk teks rumpang. Sehingga ketika anak sedang mendengarkan alunan suara lagu juga sembari menebak kosakata apakah yang sesuai untuk mengisi teks rumppang tersebut berdasarkan lagu yang dia dengarkan.


5. Watching to the Movies ( Menonton film )

Kadangkala waktu kita terbuang berjam-jam untuk berada di depan layar televisi, atau di depan layar laptop untuk menonton film. Film yang kita tonton pun seharusnya bisa memotivasi kita untuk semangat belajar, misalkan : menonton film cartoon, action atau romance dalam bahasa Inggris. Selain film itu membuat kita antusias untuk sampai pada ending ceritanya, kita juga dapat mempelajari bahasa Inggris dari pengucapan actor/actress di sesuaikan dengan subtitle (terjemahan) yang akan memudahkan kamu memahami alur cerita dari film tersebut.


6. Read an English book, Newspaper or Magazine (Membaca buku bahasa Inggris,koran atau majalah)

Membaca merupakan salah satu hal yang pokok dalam mempelajari suatu bahasa. Membaca kadang kala membuat kita merasa bosan , sehingga ketertarikan untuk memahami suatu bacaan menjadi berkurang. Kamu bisa mengambil solusi dengan membaca novel yang terkenal atau majalah fashion sehingga ketika kamu tertarik untuk mengetahui topic bacaan nya bisa menggunakan kamus untuk mempermudah menerjemahkannya. Jika kamu membaca dalam keadaan sedang sendirian, kamu bisa membacanya dengan keras, karena akan melatih kemampuan kamu dalam pronounciation (pengucapan kata ).


7. Keep a diary in English ( Selalu menulis diary dalam bahasa Inggris )

Selain berbicara, mendengarkan, dan membaca, kamu juga harus meluangkan waktumu untuk menulis dalam bahasa Inggris. Salah satu aspek yang tergolong sulit namun sangat penting adalah menulis. Menulis dalam bahasa Inggris akan membantu kamu dalam menyusun kalimat secara grammatical adjustment ( sesuai penggunaan structure grammar ), juga spelling nya ( ejaan ). Yang paling sederhana saja, kamu bisa memulai dengan menulis diary (catatan harian ), kamu mencoba untuk menulis sedikit kalimat namun rutin setiap hari missal tentang apa yang kamu lakukan seharian ini, kejadian apa yang paling berkesan hari ini, atau rencana kamu untuk esok hari. Menulis diary akan membuatmu merasa nyaman karena bisa menuangkan perasaan di dalam hati juga bermanfaat untuk mengoreksi beberapa kesalahan dalam penulisan kamu sehingga kedepannya bisa terhindar dari kesalahan penulisan dalam bahasa Inggris itu lagi.

Demikian yang bisa admin share pada kesempatan ini, semoga bermanfaat dan tak lupa terus praktek an ilmu yang telah kamu dapatkan hari ini. Ingat “It isn’t easy to get expensive thing (tidak mudah untuk mendapatkan sesuatu yang paling berharga dalam bahasa Inggris ), Keep Gotcha,, Don’t give up guys !

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,