Contoh Kalimat Gerund Menggunakan Kata “Need” Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Contoh Membuat Kalimat Gerund Menggunakan Kata “Need” Dalam Bahasa Inggris 

Di kesempatan yang lalu kita saling megingatkan untuk menambah kosa kata (vocabulary) dan mencoba mempraktikan apa yang telah didapatkan. Hal tersebut mempunyai tujuan untuk grafik yang lebih baik, khususnya pemahaman bahasa inggris. Meskipun kita menyadari ini bukanlah bahasa sehari-hari kita dan bukan bahasa kebangsaan kita. Namun dengan menguasai bahasa inggris kita bisa “menguasai dunia” hal itu mempunyai alasan yang sangat mendasar dikarenakan bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang menajdi media komunikasi antra manusia di seluruh dunia. Jadi jangan merasa bosan atau malas untuk mempelajari bahasa inggris.

Secara keseluruhan ada beberapa yang sama antara bahasa Indonesia dan bahasa inggris, hal tersebut terletak pada pola dasar kalimat, yaitu Subjek + Predikat + Objek. Namun apabila kita menemukan sebuah rumus lain, itu bukanlah rumus baru hanya sebagai rumus turunan dari rumus dasarnya.

Gerund

Kalian pernah mendengar kata “Gerund”?

Untuk mengingatkan kalian dengan definisi yang lebih sederhana namun lebih mudah dimengerti bahwa Gerund merupakan kata benda (noun) yang terbentuk atau berasal dari kata kerja (verb) yang ditandai dengan penambahan –ing pada akhir kata kerja. Untuk tata cara atau bagaiamana cara menjadikan menjadi Gerund hal tersebut ada beberapa yang diperhatikan, yaitu dari segi kata yang berada di setelah Subjek, yang sangat menentukan apakah bisa diikuti dengan Gerund.

“need” merupakan salah satu kata kerja yang bisa diikuti oleh noun (kata benda) dan Gerund, “need” yang mempunyai arti dasar “membutuhkan, perlu atau pantas” bisa berupa “needed, will need, needs, has needed dan lain-lain”. Kata benda tersebut bukan kata benda yang nyata bisa dilihat atau dirasakan oleh panca indera kita, justru hal tersebut berasal dari kata kerja yang dibendakan (gerund). Apabila sebuah kalimat diikuti oleh Gerund kalimat tersebut bisa digantikan atau diubah artinya dengan kalimat passive, yang mempunyai arti “bahwa sebuah atau seseorang perlu di….”

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh-contoh kalimat dibawah ini guuuys..

  • My mother needs supporting her children
    (Ibuku membutuhkan dukungan anak-anaknya)

    → My mother needs to be supported her children
    (ibuku membutuhkan untuk didukung anak-anaknya)
  • Many students will need learning about Mathematic because tomorrow they will face the final examination
    (Banyak siswa siswa yang membutuhkan belajar matematika karena hari beso mereka akan menghadapai ujian akhir matematika)
    → Many students will need to be leart about Mathematic because tomorrow they will face the final examination
    (Banyak siswa siswa yang membutuhkan diajarkan matematika karena hari besok mereka akan menghadapai ujian akhir matematika)
  • We have needed helping from the rich man, we do not have anything because the flood
    (Kami membutuhkan bantuan dari para dermawan, kami tidak mempunyai apa-apa lagi karena bencana banjir )
    → We have needed to be helped from the rich man, we do not have anything because the flood
    (Kami membutuhkan dibantu dari para dermawan, kami tidak mempunyai apa-apa lagi karena bencana banjir)
  • you need calling her to make sure the party will celebrate next Sunday
    (Kamu perlu menghubunginya untuk menyakinkan pesta akan dirayakan hari Senin besok)
    → you need to be called her to make sure the party will celebrate next Sunday
    (Kamu perlu dihubunginya untuk menyakinkan pesta akan dirayakan hari Senin besok)

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang gerund menggunakan kata “Need”. Semoga Ilmu yang dibagikan bermanfaat untuk pembaca. Sampai bertemu diartikel selanjutnya…