Pengertian, Fungsi dan Contoh Kalimat Modal Auxiliary Verb

Post On: May 31, 2016
By: Bunga Mawar

Pengertian, Fungsi dan Contoh Kalimat Modal Auxiliary Verb Dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa inggis kita mengenal kata kerja biasa (main verb) dan kata kerja bantu (Auxiliary verb). Dalam auxiliary verb tidak terbatas dengan tobe saja melainkan juga kata kerja bantu berupa kata kerja modal. Dalam kalimat kita sering kali kita menemui atau menggunakan untuk menyatakan sebuah maksud atau informasi kepada seseorang. Kata kerja modal sebenrnya sangat banyak, namun dalam kesempatan hari ini akan kita jabarkan kata kerja modal yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam berkomunikasi dengan orang sekitar. Berikut ini ada beberapa kata kerja modal dalam bahasa inggris beserta dengan kegunaan secara umunya, antara lain:

1. Can

Dimulai dari kata kerja modal “Can”, yang mempunyai arti “mampu atau dapat”, biasanya digunakan dalam menyatakan sebuah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu. Perhatikan contohnya dibawah ini:

  • My mother can cook delicious dishes
    (Ibuku mampu memasak makanan-makanan yang lezat)
  • I can sing loudly
    (aku bisa bernyanyi dengan keras)

2. Could

Disusul dengan kata kerja modal “Could” yang merupakan bentuk lampau dari kata kerja modal “can”, yang mempunyai arti “mampu atau dapat”, biasanya digunakan dalam menanyakan sebuah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu. Perhatikan contohnya dibawah ini:

  • could you come to my birthday party tonight?
    (Apakah kamu bisa menghadiri pesta ulang tahunku nanti malam?)
  • Could you drop to my home?
    (apakah kamu bisa mempir kerumahku?)

3. Will

kemudian kata kerja modal “will”, yang mempunyai arti “ingin atau hendak”, biasanya digunakan dalam menyatakan sebuah kemauan seseorang untuk melakukan sesuatu. Perhatikan contohnya dibawah ini:

  • My family will take the holiday in Lampung
    (Keluargaku akan berlibur di Lampung)
  • They will go to the library
    (mereka akan pergi ke perpustakaan)

4. Would

Disusul dengan kata kerja modal “would” yang merupakan bentuk lampau dari kata kerja modal “will”, yang mempunyai arti “mampu atau dapat”, biasanya digunakan dalam menanyakan sebuah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu. Perhatikan contohnya dibawah ini:

  • Would you sit here with me?
    (apakah kamu dapat duduk disini dengan ku?)
  • would you like to give me your phone number?
    (Apakah kamu dapat memberikanku nomer teleponmu?)

5. May

kemudian kata kerja modal “may”, yang mempunyai arti “boleh atau diperkenankan”, biasanya digunakan dalam menanyakan atau meminta sebuah izin seseorang untuk melakukan sesuatu. Perhatikan contohnya dibawah ini:

  • May I enter the class, Sir?
    (bolehkah saya memasuki kelas, Pak?)
  • May I borrow you dictionary, Fairuz?
    (Bolehkah aku meminjam kamus kamu, Fairuz?)

Demikian penjelasan seputar Pengertian, Fungsi dan Contoh Kalimat Modal Auxiliary Verb , semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda khususnya dalam pelajaran bahasa inggris. Sampai bertmu diartikel lainnya..

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,