Penggunaan Kata Have Present Dan Past Participle Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Posted on

Penggunaan Kata Have Present Dan Past Participle Dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

Dalam dunia kebahasaan kita sangatlah diberi sebuah kebebasan dalaam mengungkapkan segala sesuatu yang mungkin berasal dari ide pribadi atau dari sebuah fenomena yang sekarang lagi menajdi perbincangan. Lanjut dengan pembahsan materi bahasa ingris selanjutnya kita akan bahas terkait penggunaan dan perbedaan antara “have (present) dan have (past participle)” dalam kalimat bahasa inggris. Apabila dikaji dari arti dalam kamus, kata “have” mempunyai arti “mempunyai atau memiliki” namun Dalam tata bahasa inggris antara keduanya sudah nyata terlihat jelas perbedaannya. Hal tersebut bisa dilihat dari bentuk have yang menyesesuaikan dengan tense yang digunakan.

Mari kita mulai dari “have (present)”, bahwasanya kata “have” mempunyai arti “memiliki atau mempunyai”. Dimana bentuk “have” bisa berubah bentuk menjadi “has” apabila subject yang diikuti adalah she (dia perempuan), he (dia laki-laki) dan it (dia benda tunggal), dan “have” sendiri digunakan untuk subjek berupa I (saya), you (kamu), we (kami) dan they (mereka).

Penggunaan kata “have/has” hanya digunakan dalam the simple present tense yang biasanya digunakan untuk menyatakan sebuah kejadian yang dilakukan pada masa sekarang dan bisa juga untuk menyatakan sebuah kebiasaan yang sudah biasa dilakukan pada masa lampau dan hingga saat ini masih dilakukan.

Lalu bagaimana untuk merubahnya kedalam bentuk kalimat negative dan kalimat Tanya (interrogative)?? Kita akan membutuhkan kata kerja bantu berupa “do” ddan “don’t” untuk subjek berupa I (saya), you (kamu), we (kami) dan they (mereka) dan “does” dan “doesn’t” subject yang diikuti adalah she (dia perempuan), he (dia laki-laki) dan it (dia benda tunggal) . Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • I have a new umbrella
    (aku mempunyai sebuah payung baru)
  • My father has an appointment now in his office
    (Ayahku mempunyai sebuah janji sekarang di kantornya)
  • Fairuz does not have a surprised party for his sister
    (Fairuz tidak mempunyai sebuah pesta kejutan untuk saudara perempuannya)
  • You do not have much time when the examination
    (Kamu tidak mempunyai banyak waktu selama ujian)
  • Do they have good score?
    (Apakah mereka mempunyai nilai yang bagus?)
  • Does a car have a tail?
    (Apakah seekor kucing mempunyai sebuah ekor?)

Disusun dengan “have (past participle)” merupakan kata kerja bantu yang hanya digunakan dalam jenis the present perfect tense yang biasanya untuk menyatakan sebuah kejadian atau perbuatan yang sudah terjadi pada masa lampau dan masih dilakukan (namun kita tidak tahu kapan jelasnya waktu berakhirnya). “Have(past participle)” harus dikuti dengan kata kerja kertiga (past participle) untuk menyatakan arti sudah. Dimana bentuk “have” bisa berubah bentuk menjadi “has” apabila subject yang diikuti adalah she (dia perempuan), he (dia laki-laki) dan it (dia benda tunggal), dan “have” sendiri digunakan untuk subjek berupa I (saya), you (kamu), we (kami) dan they (mereka). Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • I have had the ticket of my stupid boss
    (Aku sudah mempunyai tiket My stupid boss)
  • Miftahul has not had something that he wants
    (Tuan Miftahul belum memppunyai apa yang dia inginkan)
  • Have you had the information?
    (Apakah kamu sudah mendapatkan informasinya?)

Sekian artikel tentang Penggunaan Kata Have Present Dan Past Participle Dalam Kalimat Bahasa Inggris. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi sahabat Study bahasa Inggris. Jangan lupa untuk membagi informasi ini pada teman-teman anda ya….