Pengertian, Rumus Tenses Dan Contoh Imperative Sentences Lengkap

Post On: April 30, 2016
By: Bunga Mawar

Pengertian, Rumus Tense Dan Contoh Imperative Sentences Dalam Procedure Text Lengkap Dengan Contoh Dialognya

Selamat bergabung kembali di line pembelajaran ini sahabat semuaa.. semoga kalian semua selalu dalam keadaan baik dan ceria ya sahabat.. Kembali bertemu dengan postingan artikel artikel yang kami share kepada kalian pada kesempatan hari ini. Artikel kali ini kita akan membahas tentang kalimat Imperative. Sudah tahukan kalian , apa yang dimaksud dengan kalimat Imperative? jika belum.. mari simak penjelasan di bawah ini.

Kalimat imperative itu sendiri merupakan salah satu jenis kalimat yang tidak menyertakan subjek diawal kalimat, dan hanya meletakan kata kerja pertama (verb 1) atau to be. Hal tersebut merupakan seruan yang ditujuan untuk seseorang baik yang membaca atau yang mendengarkan untuk melakukan apa yang diperintahkan oleh si penulis atau pembicara.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa kalimat Imperative adalah type kalimat (sentences type) yang digunakan untuk membuat perintah. Kemudian tidak berhenti pada kalimat perintah (imperative) saja, namun kali ini kita akan berpaku pada jenis teks yang berfungsi untuk memberi arahan dalam pembuatan sesuatu, teks yang dimaksud adalah The Procedure Teks. Dimana jenis teks ini mempunyai generic structure title, ingredients and step.

Berikut ini adalah pola/rumus kalimat perintah (Imperative) yaitu:

VERB 1 + OBJECT!
atau
BE + ADJECTIVE/ADVERB/NOUN

 

Berikut ini adalah keterkaitan kalimat perintah dan procedure text, ditunjukan dengan sebuah perintah yang diharapkan dilakukan oleh si pembaca, pendengar atau penonton untuk melakukan apa yang diperintahakan oleh instruktur.

  • Chop the garlic! (irislah bawang putihnya!) 
    Verb 1
  • Fasten the belt! (kencangkanlah sabuknya!)
    verb 1
  • Be slowly while painting! (pelanlah selama mengecat !)
    be   adverb
  • Push the button “on” ! (Tekanlah tombol “on”!)
    verb 1
  • Plant the flower inside your home! (tanamlah bunga disamping rumahmu!)
    verb 1
  • Bake the cake for 15 minutes! (Pangganglah kue selama 15 menit!)
    verb 1
  • Apply your hand with handbody lotion! (Oleslah tangan dengan losion hand and body!)
    verb 1
  • Heat the pan! (panaskanlah panic penggorengan!)
    verb 1

Lalu bagaimana apa bila kalian ingin membuat sebuah kalimat perintah? sangatlah mudah, kalian gunakan kata kerja pertama (verb 1) tanda penambahaan apa pun (-ing, -ing, to, – es, -ly).

Perhatikan contoh dialog dibawah ini:

Contoh Dialog Kalimat Imperative

Terjemahannya:

Sekian penjelasan yang disampaikan, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuaan anda mengenai pelajaran bahasa inggris khususnya tentang materi Imperative Sentences.  see you next explanation guys..

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,