irregular plural noun

Penjelasan Lengkap Beserta Contoh Irregular Plural Noun

Posted on

Penjelasan Lengkap, Pengertian Beserta Contoh Irregular Plural Noun (Kata Benda Jamak Tak Beraturan)

Hello all my friends!!

 

Awali hari kalian dengan senyum yang penuh semangat sehingga akan membuat badan kita bebas untuk berkarya. Oke, kali ini kita akan membahas tentang irregular plural noun (kata benda jamak tak beraturan).

Dalam bahasa inggris kita akan banyak mengenal jenis kata didalamnya, termasuk kata benda (noun). Berbicara kata benda (noun), kalian pastilah sudah memahami yang dimaksud kata tersebut. Kata benda atau yang dikenal sebagai noun merupakan salah satu part of speech yang digunakan sebagai sebuah identitas yang bisa berupa subjek (pelaku) dan juga objek (pelangkap) Kata benda juga bisa berupa bentuk kata benda jamak (plural noun) dan juga kata benda tunggal (singular noun). Untuk mengetahui perubahnya ada tata caranya, nah hal tersebut sudah kita bahas dalam kesempatan yang lalu. Yang akan kita dalami adalah mengenai  irregular plural noun. Irregular plural noun merupakan salah satu jenis kata benda jamak yang tidak mempunyai bentuk yang sama dengan kata benda tunggalnya (singular noun) justru ada yang bentuknya jauh dari bentuk tunggalnya. Tidak semua kata benda menjadi golongan the irregular plural noun, hanya beberapa saja yang tergolong didalamnya. Namun jangan khawatir ya kawan, akan kita bahas satu persatu berikut ini:

1. child

Dimulai dari kata “child” yang mempunyai arti “anak” merupakan bentuk tunggal (singular noun), bentuk kata benda jamaknya (plural noun) menjadi “children” yang berarti “anak-anak. Contoh kalimatnya:

  • My elder brother has a child and I have 3 children
    (kakak laki-lakiku mempunyai seorang anak dan aku mempunyai tiga anak)
  • The children are playing in the school yard but there is a child in the corner of the class
    (anak-anak sedang bermain dilapangan sekolah namun ada seorang anak yang berada dipojok kelas)

2. Foot

Berikutnya adalah “foot” yang mempunyai arti “kaki” merupakan bentuk tunggal (singular noun), bentuk kata benda jamaknya (plural noun) menjadi “feet” yang berarti “kaki-kaki”. Contoh kalimatnya:

  • You have to kick the ball with your right foot not using all your feet
    (kamu harus menendang bolanya dengan kaki kanan kamu bukan menggunakan semua kaki-kakimu)

3. goose

Kemudian kata “goose” yang mempunyai arti “angsa” merupakan bentuk tunggal (singular noun), bentuk kata benda jamaknya (plural noun) menjadi “geese” yang berarti “angsa-angsa”. Contoh kalimatnya:

  • I do not have many geese in my back yard , I have only a goose
    (aku tidak mempunyai banyak angsa di halaman belakang, aku hanya mempunyai seekor angsa)

4. loose

Kata “loose” yang mempunyai arti “kutu rambut” merupakan bentuk tunggal (singular noun), bentuk kata benda jamaknya (plural noun) menjadi “lice” yang berarti “kutu-kut rambut. Contoh kalimatnya:

  • Although I have not found many lice but I got a loose on your head
    (Meskipun aku belum menemukan banyak kutu-kutu rambut, namun aku sudah mendapatkan seekor kutu rambut dikepalamu)

5. mouse

Berlanjut ke kata “mouse” yang mempunyai arti “tikus” merupakan bentuk tunggal (singular noun), bentuk kata benda jamaknya (plural noun) menjadi “mice” yang berarti “tikus-tikus”. Contoh kalimatnya:

  • I am a fried with a mouse so that I ask someone to kill the mice on the roof
    (Aku takut dengan seekor tikus sehingga aku menyuruh seseorang untuk membunuh tikus-tikus tersebut di atap)

6. tooth

Kata “tooth” yang mempunyai arti “gigi” merupakan bentuk tunggal (singular noun), bentuk kata benda jamaknya (plural noun) menjadi “teeth” yang berarti “gigi-gigi”. Contoh kalimatnya:

  • I yank out my nine tooth
    (Aku mencabut gigi seriku) 

Demikian penjelasan kami tentang “Penjelasan Lengkap Beserta Contoh Irregular Plural Noun“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa