Perbedaan Penggunaan Do/Does, Did/Done Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Post On: September 11, 2016
By: Tantri Yuliana

Perbedaan Penggunaan Do/Does, Did/Done Dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

Sahabat SBI (Study bahasa Inggris) tentu sudah sangat sering mendengar atau membaca kata-kata do, does, did, ataupun done. Penggunaan keempat kata tersebut sering kali masih membingungkan orang yang masih awam dalam belajar Bahasa Inggris. Bisa digunakan sebagai kata kerja (verbs) ataupun kata kerja bantu (auxiliary verb). Bagaimana penggunaannya dalam kalimat? Nah pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan perbedaan penggunaan do,does,did, ataupun done dalam kalimat bahasa Inggris. Simak dalam uraian di bawah ini :

DO digunakan untuk Simple present tense, DID digunakan untuk Simple past tense, dan DONE digunakan untuk Present perfect tense. Nah bagaimana dengan DOES?does juga merupakan kata kerja yang mempunyai arti (mengerjakan, melakukan, atau melaksanakan), sama dengan DO digunakan untuk tenses simple present tetapi berbeda apabila digunakan oleh Subjek tertentu. Baca penjelasan lengkapnya berikut :

Do digunakan pada kalimat simple present tense jika subject-nya plural. Plural subject yang dimaksud adalah I, we, you, they, dan nouns yang dapat digantikan dengan I, we, you, atau they.
Contoh:

  • I do my homework everyday.
    (Aku mengerjakan pekerjaan rumahku tiap hari)

Does adalah bentuk singular dari verb1 Do. Does digunakan pada kalimat present tense jika subjectnya  singular. Yang dimasud dengan singular subject adalah he, she, it dan nouns yang dapat digantikan dengan he, she atau it.
Contoh:

  • He does his homework everyday.
    (Dia mengerjakan pekerjaan rumahnya tiap hari)

Done yakni kata yang menunjukan peritiwa atau kejadian yang telah berlalu baik secara present maupun past tense. Fungsinya bisa sebagai kata sifat yang berarti sesuatu sudah selesai tuntas (I am done), bisa juga berfungsi sebagai kata kerja ketiga atau Verb 3 atau Past Participle dalam kalimat present perfect (I have done my job), Berfungsi sebagai kata kerja ketiga atau Verb 3 atau Past Participle dalam kalimat past perfect (I had done it yesterday).

DID yakni kata yang menunjukan peritiwa atau kejadian yang telah berlalu secara simple past tense. Fungisnya sebagai kata dasar dan juga sebagai kata kerja bantu (sama pemahamannya dengan Do atau Does hanya membedakan Time kejadian suatu peristiwa) (I did it by myself).  Apabila DID mengikuti 8 W+H maka bunyinya dalam bahasa Indonesia adalah “ KAH”.
Contoh:

  • What did you do last year before you stop from your job ?
    (Apa-KAH profesimu dulu sebelum kamu berhenti dari pekerjaaanmu?)

Kata do, does, did, dan done merupakan kata kerja yang memiliki 2 fungsi utama. Pertama, kata kerja ini dapat berfungsi sebagai kata kerja bantu Auxiliary Verb dan yang kedua, dapat berfungsi sebagai kata kerja utama atau biasa dikenal juga dengan istilah Ordinary Verb. Lihat perbedaannya pada gambar berikut ini:

penggunaan ordinary verb dari do,does,did,done

penggunaan do,does,did,done

Demikianlah penjelasan tentang Perbedaan Penggunaan Do/Does Beserta Did/Done Dalam Kalimat Bahasa Inggris yang dapat kami hadirkan untuk Sahabat SBI semua. Semoga dengan penjelasan singkat ini, sahabat dapat lebih memahami lagi tentang penggunaannya. Keep learning and thank you….See you

 

Tags: , , , , , , , , ,