Cara Membuat dan Contoh Kalimat Question Tag Menggunakan Present Tense

Post On: June 30, 2016
By: Bunga Mawar

Cara Membuat dan Contoh Kalimat Question Tag Menggunakan Present Tense Dalam Bahasa Inggris

Dalam sebuah bahasa akan ada banyak komponen yang mendukungnya untuk bisa menyampaikan sebuah informasi yang bisa diterima oleh si penerima. Bnayak cara untuk menyatakan sebuah informasi, bisa berupa kalimat positif, kalimat negative dan juga kalimat pertanyaan. Setiap bentuk kalimat tersebut akan ada banyak variasi yang membuat sebuah kalimat lebih elok didengar ataupun dibacakan. Tidak hanya ad pada bahasa Indonesia juga, dibanyak bahasa lain juga terdapat banyak tata bahasa yang akan membuat lebih menarik untuk disimak.

Dalam bahasa inngris kita ambil contoh modifikasi yang terdapat dalam sebuah kalimat, yaitu Question tag. Kalian tentunya sudah pernah mendengar istilah tersebut, apabila belum mari kita bersama-sama untuk menguak sisi lain dari Question tag. Kegunaan dari Question taq dalam sebuah kalimat bahasa inggris, untuk menyatakan penekanan yang akan membuat kalimat tersebut semakin jelas, namun hal yang paling jelas dalam Question tag kalimat tersebut tidak membutuhkan sebuah jawaban meskipun kalimat tersebut berbentuk kalimat Tanya. Untuk artinya sendiri, bisa kita mengartikan dengan “iya?, khan?, ya tah?”. Meskipun arti dari kata Question tag ini terlihat sederhana, namun kalian harus memahami bagaimana caranya membuatnya sesuai dengan aturan yang ada.

Pembentukan Question taq ada banyak cara menyesuaikan dengan tense yang digunakan. Apabila kalimat utamanya berupa kalimat positive, maka Question tagnya berupa negative dan apabila kalimat utamanya berupa kalimat negative maka Question tagnya berupa positive.

Namun tidak semua tense membuat kita mudah merubahanya, seperti pada The simple present tense dimana terdapat penggunaaan kata kerja bantu (auxiliary verb) berupa “do atau daoes”. Penggunaan “do atau does” tersebut mempunyai perbedaan, seperti “do” digunakan untuk subjek “I (Aku), you (kamu), they (mereka) dan we (kami). Sedangkan “does” digunakan untuk subjek “she (dia perempuan), he (dia laki-laki) dan it (Dia benda tunggal). Mari perhatikan contoh kaliamatnya dibawah ini:

  • I have to do that duty, don’t I?
    (aku harus melakukan tugas itu, ya?)
  • They discuss about new recipe in the kitchen, don’t they?
    (mereka membahas resep baru di dapur, ya?)
  • Nadina sing a dangdut song, doesn’t she?
    (Nadina menyanyikan lagu dangdut, kan?)
  • You and I come late, don’t we?
    (Kamu dan saya datang telat, ya kan?)
  • Miftahul makes a new innovation, doesn’t he?
    (Tuan Miftahul membuat sebuah terobosan baru, ya kan?)
  • A cat steals the bones on the table, doesn’t it?
    (Seekor kucing mencuri tulang belulang diatas meja, ya kan?)

Dan sebuah kalimat negativepun bisa mempunyai Question tag yang akan mengikutinya berbentuk positive, Mari perhatikan contoh kaliamatnya dibawah ini:

  • Dwi doesn’t follow the rising flag ceremony, does she?
    (Ibu Dwi tidak mengikuti upacara penaikan bendera, ya?)
  • My father doesn’t fix his car in the garage, does he?
    (Ayahku tidak memperbaiki mobilny digarasi, ya?)
  • They don’t collect the homework to the teacher , do they?
    (Mereka tidak mengumpulkan tugas kepada guru, ya?)
  • We don’t talk about you, do we?
    (Kami tidak membicarakanmu, ya?)

Dan Question tag tidak bisa digunakan dalam kalimat Tanya (interrogative), baik kalimat Tanya tersebut berupa jawabannya singkat (yes no question) maupun jawaban panjang (wh question). Meskipun question tag diakhiri dan ditandai dengan tanda tanya (question mark), kita tidak terlalu memperhatikan jawabannya.

Semoga penjelasan mengenai Cara Membuat dan Contoh Kalimat Question Tag Menggunakan Present Tense di atas bisa menambah pemahaman Sahabat SBI .

Tags: , , , , , , , , , , ,