Rearranging Words/Sentences : Cara Rahasia Menjawab Soal dan Pembahasan

Posted on

Sahabat SBI (Study bahasa Inggris ), seringkali mengerjakan soal ujian dengan perintah untuk menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat, maupun menyusun beberapa kalimat menjadi sebuah paragraph yang bermakna. Lalu trik cepat seperti apakah yang kita butuhkan dalam mengerjakan jenis soal seperti Rearranging Words/Semtences ? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

Rearranging jumbled words adalah menyusun kembali kata-kata yang acak sehingga menjadi kalimat yang benar. Rearranging jumbled sentences adalah menyusun kembali kalimat yang acak sehingga menjadi paragraph yang benar.


Rearranging Words

Mengurutkan kata menjadi kalimat yang bermakna tidaklah sulit. Perhatikan hal-hal berikut untuk megurutkan kata-kata acak menjadi kalimat yang bermakna.

  1. Perhatikan struktur kalimat, apakah kalimat positif, kalimat negative, atau kalimat Tanya.
  2. Carilah subjek kalimat. Subjek kalimat biasanya berupa kata benda. Kalau kalimat tersebut tidak memiliki kata benda sebagai subjek, subjek kalimat mungkin berupa kata kerja (kalimat perintah ) atau to be (kalimat Tanya).
  3. Cari verb (kata kerja) kalimat tersebut. Perhatikan tenses yang di gunakan.
  4. Temukan objek berbentuk noun (apabila ada) perhatikan juga artikel/determiner yang digunakan mengawali noun tersebut, misalnya ‘a’ atau ‘the’
  5. Temukan kata keterangan waktu apabila ada.
  6. Mulailah mengurutkan kata-kata tersebut menjadi kalimat yang bermakna sesuai analisis kalian.

Contoh Rearranging Jumbled Words :

Smokingisnothis restaurant a

    1         2       3       4            5            6

The best arrangement to make a sentences is………….

a. 4-2-6-5-1-3
b. 4-2-6-3-5-1
c. 4-2-6-3-1-5
d.4-2-6-1-5-3

Jawaban :  C. 4-2-6-3-1-5 ( This is a no smoking restaurant ) 


Rearranging Sentences

Mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf yang padu/koheren bukanlah sesuatu hal yang sulit, tetapi kalian harus jeli mengamati dan memahami makna setiap kalimat. Perhatikan hal-hal berikut untuk mengurutkan kalimat-kalimat acak menjadi paragraph/teks yang koheren.

  1. Tentukan kalimat pendahuluan yang menjelaskan tentang topic/hal yang dibahas, biasanya menyebutkan nama orang/benda/hal yang akan di bahas.
  2. Perhatikan konjungsi/kata hubung. Kata hubung biasanya menghubungkan dua peristiwa/hal yang berurutan.
  3. Untuk teks recount dan narrative, perhatikan keterangan waktu karena kata ini menunjukkan urutan peristiwa.
  4. Untuk teks descriptive, report, dan Perhatikan pengulangan kata di kalimat berikutnya untuk menunjukkan adanya kaitan atau memberi keterangan kalimat sebelumnya.
  5. Perhatikan kalimat penutup. Dalam teks narrative bagian penutup berupa resolusi (penyelesaian masalah), teks recount berupa pernyataan akhir penulis tentang peristiwa yang dialami, dan teks procedure tentang hasil dari langkah-langkah yang telah dikerjakan, atau langkah terakhir prosedur tersebut (dapat diawali dengan kata hubung finally atau lastly).

Contoh  Rearranging Jumbled Sentences :

Arrange the sentences bellow into a correct paragraph.

  1. We left our house at about 5 o’clock in the morning. We took a taxi to the railway station.
  2. Finally our train came. All of us rushed to get on the train.
  3. Last Lebaran, my family and I went to our hometown. We decided to take a train because it is more comfortable.
  4. It took about 5 to 7 hours to get to our hometown. We enjoyed our journey.
  5. We took the carriage no 3 according to-our tickets.
  6. But our train was late for about fifteen minutes, so we had to wait a bit longer.
  7. After finding our seats, we sat comfortably
  8. We arrived at the station at six. Our train would leave at 6.40

a. 3-8-6-4-5-1-2-7
b. 3-4-5-8-1-2-6-7
c. 3-1-8-6-2-5-7-4
d. 3-5-4-2-7-8-1-6

Jawaban : C 3-1-8-6-2-5-7-4  


Contoh Soal Rearranging Words/Sentences

1. Arrange the words to form a meaningful sentences.

womenvillagethewenttoremotecitythefromthe
     1              2          3        4        5        6            7       8        9        10

a. 3-6-4-1-2-5-8-7-9-10
b. 3-6-5-2-1-4-8-7-9-10
c. 3-1-9-8-6-2-4-5-10-7
d. 3-1-4-5-2-8-6-9-10-7


2. Arrange the jumbled words to form a meaningful sentence.

Cinderellawascalled a theregirloncebeautiful
     1              2          3       4        5        6        7            8

a. 7-5-3-4-6-8-1-2
b. 7-5-2-4-8-6-3-1
c. 7-5-2-1-4-8-6-3
d. 7-5-2-4-6-8-1-3


3. Arrange the following words to form a meaningful sentence.

the woodshisthe manfrom searching for wife is tired missingin
    1            2           3                       4                      5          6              7          8

a. 3-6-7-2-5-4-8-1
b. 3-6-2-7-5-4-8-1
c. 3-6-4-2-7-5-8-1
d. 3-6-5-2-4-7-8-1


4. Arrange these jumbled sentences to form a meaningful paragraph.

  1. On the first day, the four guide told them to check their travel document.
  2. and Mrs. Kevin were on a tour of Indonesia.
  3. They were travelling on a guided tour.
  4. Such as their passports and visas.
  5. He told them to keep them safely.
  6. They stopped at a famous hotel for the night.
  7. The tour guide was an Indonesian.
  8. The tour guide explained about interesting and historical places to them.

a. 2-3-7-1-4-5-6-8
b. 2-3-7-1-4-5-8-6
c. 2-3-5-4-1-6-8-7
d. 2-7-1-4-5-8-6-3


5. Arrange these jumbled sentences to form a meaningful paragraph.

  1. Arsya works shifts.
  2. He can cook many kinds of dishes, both local or international.
  3. However, he doesn’t mind the working hours.
  4. Arsya is a chef in a five-star hotel in the city.
  5. He enjoys his job.
  6. He may start working in the morning or in the afternoon.
  7. He can make delicious soto, spaghetti, and Japanese sushi.

a. 4-2-7-1-6-3-5
b. 4-2-6-1-3-5-7
c. 4-2-5-1-3-6-7
d. 4-2-1-6-7-3-5


Kunci Jawaban dan Pembahasan :

1. C 3-1-9-8-6-2-4-5-10-7

Sebelum menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat, perhatikan struktur kalimat. Kalimat tersebut merupakan kalimat deklaratif/positif karena dalam kata-kata tersebut tidak ada ‘not’ yang menandai kalimat negative dan auxiliary (is,am,are,do,does,did,dll) yang menandai kalimat Tanya. Selain itu, kata kerja dalam kalimat tersebut adalah ‘went’ (bentuk past) sehingga dapat di simpulkan bahwa kalimat tersebut bukan kalimat perintah, yang biasanya di awali dengan kata kerja dasar ( verb base). Kita dapat menemukan tiga kata benda dalam kaliamat tersebut, yaitu ‘women’, ‘village’, dan ‘city’. Dari tiga kata benda tersebut carilah kata benda yang berfungsi sebagai subjek, objek, dan/atau pelangkap, kemudian mulailah menyusun kata-kata tersebut. Gabungkan satu kata dengan yang lain sehingga membentuk kalimat positif ( S + V + O ) dan pahami makna kalimatnya. Susunan kata yang benar dan logis adalah (C) 3-1-9-8-6-2-4-5-10-7 sehingga membentuk kalimat “The women from the remote village went to the city.” Yang artinya “Wanita-wanita yang berasal dari desa yang terpencil itu pergi ke kota.” Pilihan jawaban yang lain salah karena tidak membentuk kalimat yang logis dan bermakna.


2. Untuk menyusun kata-kata tersebut, perhatikan pilihan jawaban yang tersedia. Empat pilihan jawaban yang tersedia mengawali kalimat dengan ‘once there’.. Dari kata awal tersebut, kalian dapat dengan mudah menyusun kata-kata selanjutnya. Susunan kata yang benar dan logis adalah (B) 7-5-2-4-8-6-3-1 sehingga membentuk kaliamt “Once there was a beautiful girl called Cinderella.” Yang artinya “Dahulu, ada seorang gadis cantik bernama Cinderella.” Pilihan jawaban yang lain salah karena tidak membentuk kalimat yang logis dan bermakna.


3. Susunan kata yang benar dan logis adalah pilihan jawaban (C) 3-6-4-2-7-5-8-1
Sehingga membentuk kalimat .” The man is tired from searching for his missing wife in the woods.” Yang artinya “ Laki-laki itu letih karena mencari istrinya yang hilang di hutan”. Pilihan jawaban yang lain salah karena tidak membentuk kalimat yang logis.


4. Untuk menentukan kalimat pertama paragraph, pahamilah makna masing-masing kalimat, kemudian carilah kalimat yang memperkenalkan orang/benda/hal yang akan di bahas. Dari kalimat-kalimat tersebut, kalimat yang memperkenalkan orang/hal yang akan di bahas adalah kalimat nomor (2), yang menyebutkan Pak dan Bu Kevin saat berwisata ke Indonesia. Dengan demikian, kalimat-kalimat yang menyertai adalah kalimat yang menjelaskan tentang wisata Pak dan Bu Kevin. Untuk menentukan kalimat-kalimat selanjutnya, perhatikanlah kata ganti dan kata keterangan waktu. Susunan kalimat yang benar dan logis adalah pilihan jawaban (B) 2-3-7-1-4-5-8-6 sehingga membentuk suatu paragraph recount yang artinya sebagai berikut: (2) Pak dan Bu Kevin berwisata di Indonesia ; (3) Mereka berwisata dengan menggunakan jasa pemandu ; (7) Pemandu wisata mereka adalah orang Indonesia ; (1) Pada hari pertama, pemandu wisata memberi tahu mereka untuk memeriksa dokumen perjalanan mereka ; (4) Seperti paspor dan visa ; (5) Ia member tahu mereka untuk menyimpan dokumen-dokumen itu dengan aman ; (8) Pemandu wisata menjelaskan tentang tempat-tempat menarik dan bersejarah kepada mereka ; (6) Mereka menginap di sebuah hotel terkenal pada malam hari. Pilihan Jawaban yang lain salah karena tidak membentuk teks yang padu dan bermakna.


5. Kalimat – kalimat tersebut menggunakan present tense dan menyebutkan nama orang, yaitu : Pak Arsya. Setelah memahami makna kalimat per kalimat, di simpulkan bahwa paragraph tersebut berbentuk deskriptif (mendeskripsikan pak Arsya). Jadi , kalimat pertama paragraph adalah kalimat yang mengenalkan orang yang akan dideskripsikan, yaitu kalimat nomor (4). Setelah itu, carilah kalimat yang berkaitan dengan kalimat pertama dan seterusnya. Kalian harus jeli untuk menentukan kalimat berikutnya, yang menunjukkan kaitannya dengan kalimat sebelumnya. Susunan kalimat yang runtut dan bermakna adalah pilihan jawaban (A) 4-2-7-1-6-3-5 sehungga membentuk paragraph yang artinya sebagai berikut : (4) Pak arsya adalah seorang koki di sebuah hotel berbintang lima di kota; (2) Ia dapat memasak berbagai macam masakan , baik local maupun interbasional ; (7) Ia dapat membuat soto, spaghetti, dan sushi (makanan jepang) yang lezat; (1) Pak Arsya bekerja dalam shift ; (6) Ia mulai bekerja pada waktu pagi atau sore hari; (3) Namun demikian, ia tidak ada masalah dengan jam kerja ; (5) Ia menikmati pekerjaannya. Pilihan jawaban yang lain salah karena tidak membentuk teks yang padu dan bermakna.

Bagaimana sahabat SBI (Study bahasa Inggris ), sudah terjawabkah permasalahan kalian dalam mengerjakan soal Rearranging Words/Sentences secara cepat ? Simak pembahasan kami selanjutnya tentunya dengan topic yang tak kalah keren … Don’t go anywhere !!