Rumus,Contoh Dan Cara Merubah Kalimat Condititonal Sentence Type I Menjadi Kalimat Facta

Post On: May 2, 2016
By: Bunga Mawar

Penjelasan Rumus, Contoh Dan Cara Merubah Kalimat Conditional Sentence (Pengandaian) Type I Menjadi Kalimat Facta

Dalam kehidupan nyata ini, kita pastilah pernah merasa iri akan sesuatu atau seseorang yang kemungkinan kita anggap mempunyai kelebihan dari beberapa sisi seperti penampilan, rasa, perasaan dan hasil. Rasa iri tersebut tidak lantas membuat kita membenci sesuatu atau seseorang ya kawan, justru kita harus menyikapi apa yang seharusnya kita lakukan apabila kita dihadapkan dengan sebuah situasi yang mempunyai kelebihan atau berbeda dengan apa yang sudah pernah kita temui.

Terkadang muncul perasaan bagaimana rasanya dan apa yang harus kita lakukan apabila kita berada diposisi seseorang yang kita maksud. Tidak salahnya berandai-andai apalagi untuk tujuan yang baik, mempunyai fungsi untuk menggapai apa yang kita andai-andaikan.

Pada kesempatan hari ini kita akan membahas sebuah materi yang berhubungan dengan apa yang kita andai-andaikan, dalam materi ini kita akan disuguhkan dengan fakta yang kemungkinan terjadi setelah syaratnya terpenuhi. Conditional Type 1 merupakan salah satu jenis kalimat pengandaian yang mempunyai kenyataan yang kemungkinan terjadi masa sekarang apabila beberapa ketentuannya terpenuhi. Berikut ini adalah rumus dasarnya yang semoga bisa membuat kalian lebih memahaminya.

Berikut ini adalah pola kalimat  yang digunakan untuk merubah kalimat pengandaian menjadi kalimat facta.

Conditional Sentence

IF + THE SIMPLE PRESENT TENSE, THE PRESENT FUTURE TENSE

Fact

THE SIMPLE PRESENT TENSE

Berikut ini adalah cara merubah sebuah kalimat dari kalimat pengandaian menjadi faktanya:

  • Ratna (go) to the beach, she (have) much money
    Ratna will go to the beach, if she has much money

Dalam kalimat ini syarat utamanya adalah if she has much money (kalau dia perempuan mempunyai uang), apa bila syarat ini terpenuhi maka Ratna akan pergi ke pantai Ratna will go to the beach

Fact : Ratna goes to the beach because she has much money

  • Fairuz (be) late, the teacher (give) him the punishment
    if Fairuz is late, the teacher will give him the punishment

Dalam kalimat ini syarat utamanya adalah if Fairuz is late (kalau Fairuz telat), apa bila syarat ini terpenuhi maka the teacher will give him the punishment (guru akan memberinya hukuman)

Fact : Fairuz telat sehingga guru akan memberinya hukuman

  • Nadina (not understand), she (ask) the teacher to explain more
    if Nadina does not understand, she will ask the teacher to explain more

Dalam kalimat ini syarat utamanya adalah if Nadina does not understand, (kalau Nadina tidak memahami), apa bila syarat ini terpenuhi maka she will ask the teacher to explain more (dia perempuan akan meminta guru untuk menjelaskan kembali)

Fact : Nadin does not understand so she asks the teacher to explain more (Nadina tidak memahami sehingga dia meminta guru untk menjelaskan kembali)

  • Yumna (not be) sad, she (get) the bad score in english
    Yumna will be sad, if she gets the bad score in english

Dalam kalimat ini syarat utamanya adalah if she gets the bad score in english, (kalau Yumna mendapat nilai yang buruk di pelajaran bahasa inggris), apa bila syarat ini terpenuhi maka Yumna will be sad (Yumna akan sedih)

Fact : Yumna sedih karena dia perempuan mendapatkan nilai yang buruk dalam pelajaran bahasa inggris)

  • Ilham (not enter) the class, he (be) sick
    Ilham will not enter the class, if he is sick.

Dalam kalimat ini syarat utamanya adalah , if he is sick (kalau dia laki-laki sakit), apa bila syarat ini terpenuhi maka Ilham will not enter the class (Ilham tidak akan masuk kelas)

Fact: Ilham does not enter the class because he is sick (Ilham tidak masuk sekolah karena dia laki-laki sakit)

By the way.. sahabat sedang berkhayal apa? semoga apa yang kalian andaikan segera tercapai. Sampai disini penjelasan yang disampaikan semoga ilmu yang diberikan bermanfaat.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,