Tanda Baca atau Punctuation Mark Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Penggunaan Tanda Baca atau Punctuation Mark Sesuai Fungsinya Dalam Bahasa Inggris

Sahabat SBI (Study Bahasa Inggris), mari kita lihat setiap teks tertulis. Selain surat-surat, yang kita sebut kata-kata, frase dan kalimat dalam teks masih ada semua jenis tanda-tanda, yang kita sebut tanda baca dalam bahasa Inggris kita sebut punctuation marks. Mengapa kita perlu tanda baca? Ketika kita mengatakan kita mencoba untuk menyampaikan kepada orang atau penonton tentang ide, gagasan, emosi, perasaan, dll. Tanda baca membantu dalam mengatur jeda, yang diperlukan; gerak tubuh, intonasi. Dengan demikian, tulisan itu seperti terdengar oleh penonton. Dan pihak lain menjadi mengerti arti dari ucapan-ucapan kita lewat sebuah tulisan tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari dalam penjelasan tentang tanda baca atau punctuation mark dalam bahasa Inggris, sebagai berikut :

Punctuation (tanda baca) adalah simbol yang tidak berhubungan dengan fonem (suara) atau kata dan frasa pada suatu bahasa. Meskipun demikian, tidak jarang kita mengabaikan tanda baca dalam bahasa Inggris. Padahal tanda baca merupakan bagian penting yang menentukan maksud dari kalimat tersebut. Untuk mengenal tanda baca, simbol – simbol yang digunakan tidak berbeda dengan bahasa Indonesia. Berikut beberapa tanda baca yang digunakan pada bahasa Inggris beserta fungsi dan simbolnya.

punctuation mark
1. Punctuation full stop (Titik)
Full stop merupakan tanda baca yang digunakan untuk mengakhiri kalimat yang berupa pernyataan. Selain itu tanda baca ini juga digunakan dengan abbreviation (singkatan) dan indirect question (pertanyaan tidak langsung).

Dalam penggunaannya, full stop memiliki berbagai aturan seperti:
a. Tidak ada spasi kosong antara huruf terakhir pada suatu kalimat dengan full stop.
b. Ada satu spasi kosong antara tanda baca ini dengan huruf pertama kalimat selanjutnya.

Contoh:

→ The boy is watching football match. The girl is cooking with her mother (BENAR)
→ The boy is watching football match while the girl is cooking with her mother. (BENAR)
The boy is watching football match, the girl is cooking with her mother (SALAH)

2. Punctuation Ellipsis (…)
Ellipsis atau omission marks atau suspension adalah salah satu punctuation (tanda baca) yang digunakan untuk menunjukkan adanya bagian yag hilang padadirect quotation (kutipan langsung) dan untuk memutus suatu quot speech (kutipan perkataan).

Contoh:
a. Why you… Look so beautiful tonight.
b. Oh… My sweet heart.

3. Punctuation Slash (/)
Slash atau oblique/virgule/stroke/solidus (tanda sambung) adalah punctuation (tanda baca) yang digunakan untuk memisahkan pilihan, menunjukkan periode waktu, merepresentasikan kata “per”, menuliskan singkatan, dan menunjukkan pergantian baris pada puisi.

Aturan penggunaan punctuation slash seperti:
Tidak ada spasi kosong sebelum dan sesudah punctuation slash ketika digunakan diantara dua kata, huruf, atau angka.
Contoh:

Y/N
24/7
her/him

Ada satu spasi kosong sebelum dan sesudah tanda baca ini jika digunakan diantara Compound words (kata majemuk).
Contoh:

→ The University of Indonesia / Universitas Indonesia.

4. Punctuation Semicolon (;)
Semicolon (titik koma) adalah salah satu punctuation(tanda baca) yang digunakan untuk menghubungkan dua independent clause yang sangat berhubungan menjadi satu kalimat.

Contoh:
It’s yours; it’s not mine.
(Itu milikmu; itu bukan milikku.)

5. Punctuation Parentheses (tanda kurung)
Parentheses atau round brackets (tanda kurung) adalah salah satu punctuation (tanda baca) yang digunakan untuk menambahkan materi yang dapat berupa informasi tambahan maupun komentar dari penulis. Dalam Penggunaan parentheses, jika materi didalam parentheses berada didalam suatu kalimat, walaupun berupa kalimat lengkap, tidak dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan full stop.
Contoh:
The symptoms of chronic kidney disease often come on suddenly and dramatically (it happened to my cousin) although someone may have lost ninety percent of his/her kidneys function.

Selain itu, Jika materi didalam parentheses berupa kalimat lengkap yang terpisah (tidak berada didalam kalimat lain), maka kalimat tersebut diperlakukan dengan normal (dapat diakhiri dengan full stop).

 Contoh:
The symptoms of chronic kidney disease often come on suddenly and dramatically . One of the way to prevent this disease is by drinking no more than two litres/day.(Drinking excessive water may damage your kidneys.)

6. Punctuation colon (:)
Colon (titik dua) adalah salah satu punctuation (tanda baca) yang digunakan untuk memisahkan general statement (pernyataan umum) dengan following specifics (rincian). Adapun following specifics dapat berupa quotation (kutipan), list (daftar), atau subtitle.

Dalam penggunaannya, Tidak ada spasi kosong sebelum colon. Namun ada satu spasi setelah colon (kecuali pada penulisan rasio) dan Tidak diikuti oleh hypen atau dash (tanda strip / penghubung) sebagaimana layaknya kesalahan yang sering terjadi.

Contoh: Here is the member of group: John, Ana, Jack, and me.

7. Punctuation Hypen (tanda hubung)
Hyphen (tanda sambung) adalah salah satupunctuation (tanda baca) yang digunakan untuk membentuk makna yang utuh pada compound word(kata majemuk; contoh: compound noun). Selain itu,hypen juga digunakan memutus kata pada pergantian baris. Dalam penggunaanya , Secara umum punctuation hyphen digunakan tanpa spasi diantara kedua ujungnya ketika diapit oleh huruf.

Contoh:
a. he moon look so beautiful-but your face is more…
b. hand-in-hand
c. self-exteem
d. grand-aunt

8. Punctualtion Question mark (?)
Question mark (tanda tanya) adalah salah satu punctuation (tanda baca) yang digunakan untuk mengakhiri direct question, tag, dan pertanyaan pada direct quotation.

Contoh:
a. You are not a liar, are you?
b. Where is my mom?
c.  Do you love me?

9. Punctuation Comma (,)
Punctuation ini digunakan untuk memisahkan tiga/lebih item berurutan, memisahkan non-essential relative clause dari main clause, memisahkan adverbial conjunction di dalam kalimat, dsb.

Contoh:
Nia invited her best friend,
Steven, Clark and me, to her graduation ceremony.
(Nia mengundang sahabat-sahabatnya, Steven, Clark, dan saya ke acara wisudanya.)

10. Punctuation Exclamation (!)
Exlamation mark berfungsi untuk mengakhiri exclamatory sentence dan Imperativesentence (kalimat perintah)

Contoh:
Watch out !
Beware the dog !

11. Punctuation Quotation (“”)
Punctuation ini berfungsi untuk menampilkan kutipan, baik tulisan maupun ucapan orang lain.

Contoh:
 “Is it you?” screamed Toni

12. Punctuation Aposthrope (’)
Punctuation ini berfungsi untuk membentuk possessive form (kepemilikan), contraction (penyingkatan), dan plural (menjamakkan).

Contoh:
a. Deo’s bag,
b. The men’s room,
c. Tono’s book

Nah Demikian artikel pembahasan tentang”Tanda Baca atau Punctuation Mark Dalam Bahasa Inggris” , bagaimana Sahabat SBI sekalian, ternyata tidak ada ya tanda tanya dobel seperti yang sering dituliskan anak muda jaman sekarang. Semoga setelah pembahasan ini, kita semua semakin paham dalam menggunakan tanda baca sesuai fungsinya dalam bahasa Inggris. Untuk melihat lebih banyak materi bahasa Inggris, silahkan klik www.studybahasainggris.com. See you