Tips dan Trik Cara Debat Bahasa Inggris (Rule of Debating) Terbaik

Posted on

Tips dan Trik Cara Debat Bahasa Inggris (Rule of Debating) Terbaik

 

Hi, how are you ? semoga Sahabat SBI dalam keadaan sehat semuanya tanpa kekurangan suatu hal apapun. Sahabat SBI, pada masa sekarang ini dunia kerja di Indonesia jangkauan nya sudah semakin mendunia bahkan di setiap lowongan kerja di cantumkan kemampuan berbahasa Inggris menjadi sebuah syarat yang utama. Tidak hanya itu, apabila kita melihat berbagai tenaga kerja Indonesia yang ada di luar negeri umumnya merasakan kesulitan dalam bernegosiasi memperjuangkan nasib mereka, hal ini di karenakan masih minimnya atau lemah dalam penguasaan bahasa Inggris. Nah, untuk meminimalisir hal tersebut, kini sudah banyak lembaga pendidikan yang mengajarkan siswa nya untuk meningkatkan kemammpuan berdebat sebagai wujud perkembangan kemampuan berbahasa Inggris yang utuh. Lalu apa sebenarnya debat itu ?

debat bahasa Inggris

Debat adalah proses bertukar pikiran atau diskusi untuk mencari pemecahan masalah dari sebuah isu, topik tertentu. Pada saat berdebat orang berusaha untuk memberikan argumentasi, alasan-alasan, contoh-contoh dari suatu kasus dan membuat sanggahan-sanggahan terhadap lawan bicaranya. Sahabat SBI (Study bahasa Inggris),masih adakah yang belum tahu perlombaan debate itu seperti apa, berikut penjelasan singkatnya :

Perlombaan debate terdiri dari dua regu atau dua kubu yang satu sama lain saling memiliki perbedaan argumen atau tanggapan. Masing-masing regu terdiri dari 3 orang pemain yang dinamakan 1st speaker, 2nd speaker, dan 3rd speaker serta reply speaker yang diambil dari salah satu pemain.

Tata Cara Debate Dalam Bahasa Inggris , antara lain :

first speaker bertugas untuk memberikan pemaparan yang akan di debatkan dengan kata demi kata, setelah itu baru berikan penjelasan secara keselurahan agar dapat membuat sebuah pembatasan terhadap yang akan didebatkan. Setelah itu first speaker from affirmative team harus memberikan fakta yang sedang terjadi saat ini, kemudian baru memberikan argumen yang akan disampaikan, biasanya waktu yang diberikan untuk berbicara rata-rata tujuh menit, dan di usahakan untuk memaksimalkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Second speaker from affirmative team bertugas untuk merebut argument yang telah disampaikan oleh first speaker dari negative team, setelah rebut dilakukan maka silahkan untuk menyampaikan argumennya. begitu juga halnya dengan second speaker dari negative team tugas utama yang harus dilakukan adalah merebut argument second speaker dari affirmative team baru setelah itu menyampaikan argumennya. Pada umumnya point-pont penting disampaikan oleh second speaker dari kedua tim, disinilah letak inti perdebatan, jadi usahakan second speaker benar-benar menguasai topic yang di perdebatkan.

Third speaker from affirmative team bertugas untuk memberikan kesimpulan dari apa yang telah dibicarakan oleh dua pembicara sebelumnya, usahakan third speaker tidak memberikan argument lagi apa bila ada hal ynag perlu di rebut, rebut secukupnya. Begitu juga halnya dengan third speaker from negative team bertugas untuk memberikan kesimpulan dari apa yang telah disampaikan oleh dua pembicara sebelumnya, ingat usahakan tidak memberikan argument lagi.

Yang terakhir adalah reply speakerreply speaker biasanya di jabat oleh pembicara pertama atau kedua dari masing-masing tim. reply speaker bertugas untuk menyampaikan semua kesalahan yang dilakukan oleh tim lawan, seperti ‘negativive team tidak mampu merebut argumen kami atau negative team membicarakan hal yang sudah diluar topik, dan sebagainya’. usahakan posisi reply speaker di pegang oleh anggota yang mampu melihat kesalahan lawan. waktu yang di berikan untuk reply speaker biasanya sekitar tiga menit, lebih sedikit dibandingkan waktu yang di berikan kepada pembicara lain.

Berikut tips-tips melakukan debate dalam bahasa inggris :

  1. Pilih Topik/tema
    Kalian harus menentukan topik atau tema apa yang akan dijadikan materi debat/diskusi.
    ingat  => “Thinking before speaking is better than thinking after speaking”
  2. Keraskan Suara!
    Suara kalian harus jelas dan terdengar dengan baik kepada seluruh audience.
  3. Perbanyak Kosakata
    Perbendaharaan kosakata yang banyak akan sangat membantu kalian untuk berdebat atau berdiskusi dengan baik dan lancar.
  4. Perbaiki Ilmu Pronunciation
    Salah dalam pengucapan akan berakibat cukup fatal. Oleh karena itu, silahkan kalian mempelajari ilmu pronunciation dengan baik sehingga apa yang di katakan akan mudah di mengerti oleh audience.
  5. Perhatikan Intonasi Anda
    Kalian harus yakin dengan intonasi, tinggi rendahnya suara. Baik ketika menyampaikan pernyataan (statement) atau pertanyaan (questions)
  6. Kuasai Ilmu Grammar atau Tata bahasa
    Grammar atau tata bahasa sangat penting untuk merangkai kalimat dengan baik dan benar.
  7. Keep Your Attitude (sopan-santun)
    Kalian harus menghormati saran, kritik atau pendapat orang lain. Remember “Free but Polite”..:)

Nah, demikian artikel pembahasan tentang”Tips dan Trik Cara Debat Bahasa Inggris (Rule of Debating) Terbaik“. Semoga Sahabat SBI bisa berdebat dengan baik dan benar, karena debat merupakan salah satu bentuk cara berpikir yang kritis. Selalu di ingat bahwa lawan berdepat kita adalah kawan kita berpikir. So, Keep Calm ya guys….See you